Langsung ke konten utama

pindah kerja

Sudah bertahun-tahun anda bekerja di suatu perusahaan, dan pada suatu saat anda mendapatkan tawaran atau mengetahui ada posisi yang anda idam-idamkan di perusahaan lain. Anda pun tergelitik untuk mencoba melamar di perusahaan itu, tapi anda bingung, apakah keputusan untuk pindah ke perusahaan tersebut benar setelah anda menghabiskan masa kerja yang lama di perusahaan tempat anda bekerja sekarang.

Pindah kerja memang tidak mudah, tapi sangat sah untuk dilakukan. Jika anda mengalami dilemma saat ingin pindah kerja, simak berbagai alasan untuk pindah kerja di bawah ini. Jika anda menemukan salah satu alasan anda dari daftar alasan di bawah ini, maka jangan ragu untuk pindah pekerjaan. Namun, pastikan dulu anda mendapatkan apa yang anda inginkan di perusahaan baru tersebut.

Bosan dengan pekerjaan sekarang
Sah-sah saja pindah kerjaan, tapi pastikan pekerjaan anda yang baru ada hubungannya dengan pekerjaan yang sekarang. Misalnya seorang accounting tidak mungkin melamar menjadi seorang desainer fashion. Mungkin sih, tapi akan sangat janggal kecuali anda benar-benar mempunyai background di bidang tersebut.

Ingin gaji yang lebih tinggi
Gaji yang lebih tinggi biasanya menjadi alasan utama seseorang untuk pindah pekerjaan. Namun perlu diingat gaji yang lebih tinggi biasanya menuntut pekerjaan dengan tanggung jawab yang lebih berat pula.

Ingin mendapatkan tantangan baru
Pekerjaan yang sekarang membuat anda bosan karena anda sudah terlalu menguasainya. Di pekerjaan yang baru anda akan mendapatkan tantangan yang benar-benar membuat adrenalin anda terpacu. Pastikan juga anda menguasai paling tidak sedikit bahasan di pekerjaan baru anda.

Pekerjaan anda mengalami perubahan
Pekerjaan anda yang sekarang tidak lagi sesuai dengan yang anda inginkan, karena bos selalu menyuruh anda untuk melakukan pekerjaan diluar tanggung jawab anda. Pikirkan untuk pindah pekerjaan jika memang tugas-tugas yang anda dapatkan benar-benar menyimpang dari tugas utama anda dan anda kewalahan untuk menjalankannya. Tapi ada baiknya jika anda berusaha menyampaikan pada bos anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk hengkang.

Produk, layanan dan konsumen mengalami evolusi
Jika anda merasa bahwa produk, layanan dan konsumen di perusahaan mengalami evolusi dan anda merasa tak sependapat dengan visi misi perusahaan tersebut anda berhak untuk mencari perusahaan yang sejalan dengan anda.

Anda ragu pekerjaan sekarang bukan pekerjaan yang selama ini anda damba
Setelah sekian lama bekerja anda tersadar bahwa pekerjaan anda sekarang bukanlah yang anda inginkan. Belum terlambat untuk mengejar keinginan anda, namun pastikan bahwa pekerjaan baru yang anda kejar sudah benar-benar merupakan keinginan anda.

Pekerjaan membuat anda lelah fisik
Pekerjaan anda saat ini membuat lelah fisik dan anda sudah tak mampu lagi untuk meneruskannya. Alasan ini sangat tepat jika anda benar-benar merasa terbebani. Namun coba review ulang apakah ini karena kondisi fisik anda yang menurun ataukah benar-benar karena pekerjaan anda yang terlalu berat? Jika anda bisa menegosiasikan pada bos anda tunda dulu mencari pekerjaan baru. Namun jika kira-kira tidak bisa dinegosiasikan, mungkin keinginan anda untuk pindah pekerjaan ada benarnya.

Anda tidak punya waktu bersenang-senang, dan keluarga anda terlantar
Jika anda merasa pekerjaan anda menguras seluruh perhatian dan waktu anda, bahkan anda tak bisa becanda atau merawat bayi anda yang baru lahir, maka mencari pekerjaan baru adalah ide yang bagus.

Anda tak peduli dengan karir anda sekarang
Pekerjaan impian anda bukan menjadi seorang accounting, dan anda tak peduli jika dipromosikan menjadi senior accounting atau manajer keuangan. Jangan ragu untuk mengejar mimpi anda dan tak ada kata terlambat untuk mencari pekerjaan yang anda dambakan.

Komentar